Mengelola Resiko Trading

Banyak diantara kita baru berkecimpung di dunia trading forex, yang disadari atau tidak bersamaan dengan itu kita juga memasuki wilayah ’berbahaya’ yaitu ’cut loss’.
Namun bukankah semua yang kita kerjakan pasti ada resikonya.

Untuk trader ada kalimat yang selalu menjadi ingatan : "BERANI MENGAMBIL PROFIT BERARTI BERANI MENGAMBIL RESIKO. Mengambil Resiko berarti juga harus bisa mengelola resiko.

Trader yang baik adalah trader yang sangat paham dan bisa "bertindak dengan benar" akan resiko yang terjadi.
Resiko sudah diatasi berarti masuk area "Profit/ Keuntungan".

Pada umumnya kesalahan yang bisa membuat resiko loss ada 2 :
1) Resiko diakibatkan kurangnya pengetahuan mengenai segala suatu hal mengenai trading.
2) Resiko diakibatkan dari trading itu sendiri.

Point nomor 1 adalah wajib bagi seorang trader untuk terus dan selalu mengasah pengetahuan mengenai trading .

Point nomor 2 adalah masalah yang berhubungan dengan transaksi. Trader yang sudah bisa dan berani untuk terjun langsung bertransaksi berarti sudah bisa mengatasi resiko untuk Point no 1.
Resiko dari nomor 2 sangat mempengaruhi emosi dan psikologi seorang trader. Sangat ditentukan oleh keberhasilan trader dalam "membaca" sistem. Resiko untuk point 2 lebih banyak diakibatkan trader kurang pemahaman dan tdk mau untuk membuat suatu sistem trading yang baik. Sistem trading yang baik harusnya memberikan kenyamanan dan membuat potensi kerugian sangat kecil.

Keberhasilan seorang trader hingga berkecimpung lama di dunia trading ini bukan diukur dari banyaknya Profit atau Loss. Tetapi diukur dari pemahaman dan disiplinnya menjalankan suatu sistem yang telah dibuat. Tidak ada perasaan was-was, tidak ada perasaan takut, tidak ada perasaan kurang percaya diri, tapi trader yang berpengalaman adalah trader yang mempercayakan Loss dan Profitnya kepada sistem tradingnya. Menyadari bahwa pertama masuk pada sebuah transaksi adalah masuk pada area resiko, bertindak benar dengan skema pengelolaan resiko berarti masuk area profit/ keuntungan.



Semoga bermanfaat.

No comments: